Pentingnya Google Analytic dan Google Search Console Buat Blogging

Bagi seorang blogger, pastinya sudah tidak merasa asing lagi dengan Google Analytic dan Google Search Console, bukan? Namun, bagi yang baru saja terjun dalam dunia blog, mungkin tidak tahu tentang kedua fitur tersebut. Google Analytics merupakan layanan dari Google yang menampilkan statistik website beserta rincian. Fitur ini juga bisa kita gunakan untuk menampilkan statistik pada projek Firebase.

Sementara Google Search Console merupakan layanan dari Google yang bertujuan untuk mengelola dan memaksimalkan munculnya website di mesin pencari atau search engine Google. Hadirnya Google Search Console bisa membantu website agar terindeks oleh Google dengan baik. Sehingga website bisa mudah ditemukan karena berada di posisi teratas.

Mengenal Pentingnya Google Analytic dan Google Search Console

Setelah mengetahui pengertian dari kedua fitur Google di atas, ada baiknya untuk mengetahui kenapa kedua fitur tersebut sangat penting dalam dunia blogging. Agar kita bisa tahu apa yang harus kita berikan dan persiapan apa saja yang kita perlukan saat ingin terjun menjadi seorang blogger.

Kedua fitur tersebut merupakan tools penting yang bisa membantu untuk melihat performa dari blog atau situs seseorang. Blogger bisa tahu apa yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk bisa meningkatkan performa website untuk mendapat nilai positif di mesin pencarian Google.

Cara menggunakan google search console dan google analytic

Jika Google memberikan respons yang positif terhadap website, maka website bisa naik dengan cepat. Menggunakan Google Analytic dan Google Search Console juga bisa membantu blogger untuk lebih mengenal pengunjung websitenya.

Dari sini kita sebagai blogger bisa menilai apakah konten yang kita buat bermanfaat atau tidak, serta apakah sesuai dengan target pembaca atau tidak. Dengan begitu, konten di website bisa lebih maksimal agar semakin baik performanya di mesin mata pencarian Google nantinya.

Mengenal Fitur dan Manfaat dari Google Analytics

Google Analytics untuk Blogging

Setelah mengetahui pentingnya menggunakan Google Analytic dan Google Search Console, berikut ulasan tentang fitur dan manfaat dari kedua tools. Berikut beberapa fitur dan manfaat Google Analytics yang perlu untuk kita ketahui.

Realtime

Salah satu fitur dari Google Analytics ini mempunyai fungsi untuk menggambarkan pengunjung yang langsung mengunjungi website saat itu juga. Melalui fitur ini, blogger bisa tahu jumlah pengunjung yang sedang aktif di saat itu dan asalnya dari mana. Selain itu, fitur Realtime bisa membantu untuk melihat kata kunci yang dimasukkan di mesin pencari sampai bisa menemukan website.

Audiens

Fitur Google Analytics selanjutnya adalah Audiens. Melalui fitur ini, kita bisa menemukan audiens yang mengunjungi website, asalnya dari mana saja, resolusi layar, browser, sistem operasi, sampai demografi pengunjung. Melalui fitur ini, pengguna juga bisa mengetahui minat dan keterlibatan pengunjung, baik pengunjung lama atau pun pengunjung baru.

Akuisisi

Melalui fitur ini, pengguna bisa mengakses informasi dengan mudah mengenai kata kunci dan sumber rujukan. Selain itu, fitur Akuisisi bisa membantu melihat halaman yang dibuka untuk pertama kali dan sosial media apa yang digunakan.

Perilaku

Fitur lain dari Google Analytics adalah Perilaku. Fitur ini berfungsi untuk memberikan tanda user yang mengunjungi blog sedang melakukan apa saja. Dari fitur ini, pengguna juga bisa tahu berapa lama seorang pengunjung berada di blog tersebut.

Mengenal Fitur dan Manfaat dari Google Search Console

Setelah mengetahui fitur Google Analytic dan Google Search Console, ada baiknya mengetahui fitur apa saja yang terdapat dalam GSC. Berikut beberapa fitur yang perlu kita ketahui.

Performance

Fitur pertama dari Google Search Console adalah Performance. Fitur ini bisa membantu untuk melihat halaman dan keyword apa saja yang banyak dicari sehingga menimbulkan peningkatan pada traffic. Biasanya, pada tampilan Google Search Console baru, kita akan dapat melihat data 16 bulan terakhir.

Jika data tersebut kita cek lagi secara rutin, maka kita bisa tahu keyword apa saja yang populer dan banyak menarik minat pengunjung. Selain itu, laporan yang terdapat dalam fitur ini bisa memberikan informasi berupa average CTR, pages, queries, devices, dan lain sebagainya.

Index Coverage

Fitur Index Coverage merupakan fitur yang bisa menampilkan informasi terkait halaman mana saja yang sudah terindeks Google. Selain itu, melalui fitur tersebut, pengguna juga bisa mengetahui halaman mana saja yang error. Tentunya hal ini bisa membantu untuk segera memperbaiki halaman tersebut agar tidak menyebabkan masalah di mesin pencarian.

Meningkatkan performa blog dengan google analytics dan google search console

XML Sitemap

Fitur ini mempunyai fungsi untuk memberikan informasi kepada mesin pencari tentang semua halaman yang ada pada website. Dengan kata lain, fitur tersebut bisa memudahkan untuk menemukan halaman yang penting di website.

Mobile Usability

Fitur lainnya dari Google Search Console adalah mobile usability di mana fungsinya adalah meningkatkan kinerja website. obily usability bisa menunjukkan informasi saat terdapat error di mobile website.

Fitur ini mempunyai fungsi untuk memberikan informasi kepada mesin pencari tentang semua halaman yang ada pada website. Dengan kata lain, fitur tersebut bisa memudahkan untuk menemukan halaman yang penting di website.

Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian, alasan penting penggunaan, dan fitur apa saja yang terdapat dalam Google Analytic dan Google Search Console. Semoga membantu teman-teman yang sedang memulai blogging ya!

Tinggalkan komentar