Konferensi Ibu Pembaharu: Wanita dan Lingkungan Berkelanjutan

Deasi Srihandi owner Green Mommy Shop berbagi dalam sesi acara Konferensi Ibu Pembaharu pada tanggal 19 Desember 2021. Konsisten selama lebih dari satu dekade dalam berbagi tentang Sustainaible Living, pada kesempatan kali ini Deasi Srihandi mengangkat tema Ibu, Wanita, Istri dan Lingkungan. Wah apa ya keterkaitan antara ibu, wanita, istri, lingkungan dan kehidupan yang berkelanjutan?

Tentang Deasi Srihandi dan Green Mommy Shop

Deasi Srihandi seorang istri dan ibu yang memiliki banyak anak dan menjalankan home schooling bagi anak-anaknya. Selain itu Ia juga dikenal sebagai perempuan yang aktif menyuarakan tentang sustainable living dan concern pada masalah tersebut selama lebih dari satu dekade.

Quotes Brian Tracy Time Managemnt Manajemen Waktu

Saya pertama kali mengenal Ibu Deasi Srihandi sekitar tahun 2011 ketika membeli produk-produk dari Green Mommy Shop. Saya juga pernah menjual produk Green Mommy di pameran Islamic Book Fair di Kota Malang hehehe…

Dalam acara talkshow konferensi ibu pembaharu Ia menyampaikan bahwa saat ini Green Mommy sudah memiliki 400 produk yang terdiri dari produk perawatan , kosmetik, essential oil, obat-obatan, produk pembersih rumah tangga, rempah-rempah dan lain sebagainya.

Saya sendiri sudah mencoba cukup banyak produk dari Green Mommy seperti sabun wajah, sabun mandi, face oil, body oil, Shampoo bar, dan lain sebagainya. Namun ada kalanya saya juga berhenti membeli produk-produk tersebut. Alasannya sangat klasik, yaitu karena harganya terbilang cukup tinggi dibandingkan produk di pasaran.

Namun dalam sesi kali ini pemaparan dari narasumber memberikan saya cara pandang baru dalam mendefinisikan kata ‘mahal’. Pertama, produk organic tidak seperti produk di pasaran yang menimbulkan efek lain – dan membutuhkan produk lainnya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Misalnya efek kering pada kulit setelah penggunaan sabun yang mengandung SLS, kemudian membutuhkan body lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

Sudut pandang baru yang berikutnya adalah mengubah peran sebagai konsumen menjadi produsen untuk kebutuhan keluarga. Sebagai seorang home steader, Deasi Srihandi menjalani gaya hidup berkelanjutan dan mengupayakan semaksimal mungkin dalam memenuhi kebutuhan hidup dari rumahnya.

Dari sinilah kemudian Ia melakukan riset dan menghasilkan produk-produk yang kemudian dapat kita temui di Green Mommy Shop.

Agent of Change Bermula dari Rumah

Pada awalnya Deasi Srihandi belum bermaksud untuk mendirikan Green Mommy Shop. Niat awalnya adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan produk-produk yang baik bagi tubuh dan juga bagi lingkungan, dan yang terpenting berperan dalam menjaga keberlangsungan hidup di alam.

Meskipun telah lama mendengar isu-isu terkait kerusakan alam dan juga mendapatkan ilmu-ilmu tentang sustainable living pada masa kuliahnya, namun Ia belum tergerak untuk mengaplikasikannya dalam keseharian.

Beberapa tahun kemudian ketika menikah dan memiliki anak, Deasi Srihandi merasakan bahwa menjalani kehidupan yang berkelanjutan adalah kebutuhan yang pokok dan mendesak. Ia merasa bertanggung jawab tentang produk-produk apapun yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Deasi Srihandi Owner Green Mommy Shop dalam Knferensi Ibu Pembaharu

Dari situlah kemudian Deasi Srihandi menggali lebih dalam lagi tentang kehidupan berkelanjutan yang holistik, membuat jurnal dan membagikan ilmunya melalui blog. Kemudian Ia membuat produk-produk perawatan untuk keluarga kecilnya serta saudara dan kerabatnya.

Respon positif atas produk dan juga gerakan yang Ia lakukan akhirnya mendorongnya untuk mendirikan Green Mommy Shop sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat dan kehidupan yang berkelanjutan.

Hingga saat ini Deasi Srihandi dan Green Mommy Shop tetap eksis dalam mengedukasi dan berbagi kepada masyarakat dan juga untuk memberikan inovasi-inovasi dalam keberlangsungan kehidupan yang berkelanjutan.

Fitrah Perempuan dan Eksistensi

Perempuan seharusnya menjalani perannya sesuai dengan fitrah dan penuh cinta serta suka cita. Sebagai seorang perempuan kita perlu lebih dahulu memetakan prioritas-prioritas berdasarkan fitrah dari Sang Pencipta.

Maka kesungguhan seorang perempuan dalam menyelesaikan segala permasalahan dalam keluarganya seharusnya mejadi prioritas utama dalam hubungan antar manusia. Ibu Deasi Srihandi mengatakan bahwa kita tidak perlu menjadi ahli untuk mendapatkan solusi atas kebutuhan kita. Kta hanya perlu berkomitmen dalam menjalankannya.

Deasi Srihandi Owner Green Mommy Shop dalam Knferensi Ibu Pembaharu

Kemudian ada pertanyaan yang menarik tentang peran perempuan dalam masyarakat. Beberapa kali dalam sesi ini Ibu Deasi Srihandi mengutarakan pandangannya tentang peran utama perempuan dalam keluarga.

Dan kontribusi kepada masyarakat merupakan tugas lanjutan ketika perempuan sudah menyelesaikan tugas utamanya. Dan porsinya tidak melebihi batas kemampuannya dalam menjaga keseimbangan untuk berperan di keluarga dan masyarakat.

Saat ini banyak kita dengar perempuan-perempuan seringkali merasa jenuh dan gelisah dalam menjalani perannya. Untuk itu kita bisa cek lagi apakah peran-peran utama sudah berjalan dengan baik? Apakah porsi aktualisasi diri sudah proporsional ataukah belum hingga membuat burnout?

Penutup

Pada sesi talkshow konferensi ibu pembaharu Deasi Srihandi mengingatkan kembali bahwa perempuan diciptakan sebagai bagian dari masyarakat dengan berbagai peran yang melekat pada dirinya. Perannya antara lain sebagai seorang pribadi, sebagai istri, sebagai ibu, sebagai anak dan juga sebagai bagian dari masyarakat. Maka perlu memetakan kembali prioritas dan melakukan manajemen diri yang baik. Manajemen diri terdiri dari manajemen waktu, emosi dan pikiran yang baik agar semua berjalan sebagaimana seharusnya semua itu berjalan.

Satu pemikiran pada “Konferensi Ibu Pembaharu: Wanita dan Lingkungan Berkelanjutan”

Tinggalkan komentar